Pantai karang hawu merupakan kawasan wisata yang terpopuler di sukabumi, yang mana tempat wisata ini sangat di favoritkan oleh para wisatawan yang hendak berkunjung atau liburan ke wilayah sukabumi khususnya ke pelabuhanratu.


Pantai karang hawu pelabuhanratu, punya daya tarik yang membuat para pengunjung terpesona setiap kali mengunjungi nya, dan akan membuat setiap para pengunjung yang singgah ke kawasan pantai ini ingin datang kembali.


Pantai Karang Hawu


Kawasan wisata ini kini tampil dengan wajah baru, yang lebih fresh dan tentunya akan membuat para pengunjung semakin betah, berikut sebagian hasil foto keindahan pantai karang hawu yang telah saya dokumentasikan.


Pantai karang hawu
Pantai karang hawu Foto : Dede eko s

Pantai karang hawu kawasan wisata ini baru saja selesai di renovasi, yang mana kini bisa kita lihat areanya lebih terbuka dan dan lebih enak di pandang mata.


Tidak ada lagi warung-warung atau tenda yang berjualan menghalangi pandangan mata ke pantai.


Pantai karang hawu
Pantai palabuhanratu cisolok Foto : Dede eko s


Setelah selesai di renovasi beberapa foto tentang wajah baru kawasan wisata ini  langsung viral, setelah saya coba share lewat media sosial.


Keindahan Pantai Karang Hawu


Dan yang jadi menarik perhatian adanya plank yang bertuliskan Karang Hawu Beach jadi lokasi yang paling di buru oleh para pengunjung.



Pantai karang hawu
Pantai karang hawu palabuhanratu Foto : Dede eko s


Dengan hadirnya wajah baru di pantai karang hawu, animo para pengunjung bertambah berkali lipat.


Tidak hanya warga lokal, Kunjungan di hari biasa pun di penuhi oleh wisata yang datang dari luar cisolok dan palabuhanratu.


Pantai karang hawu
Pantai karang hawu pelabuhanratu Foto : Dede eko s


Pantai karang hawu, alamat lengkap untuk objek wisata yang satu ini berada di cisolok kabupaten sukabumi jawa barat.


Kawasan tempat liburan ini berada di kawasan geopark ciletuh palabuhanratu, yang sudah tecatat di UNESCO.


Pantai karang hawu palabuhanratu
Wisata palabuhanratu pantai karang hawu Foto : Dede eko s


Objek wisata yang jadi primadona ini sangat cocok untuk di jadikan tempat piknik oleh semua kalangan, seperti wisata keluarga maupun komunitas.


Kawasan wisata ini gratis, tidak ada tiket ataupun Karcis yang akan di kenapa kepada para pengunjung, cukup hanya membayar jasa parkiran saja.


Pantai karang hawu cisolok
Wisata populer karang hawu Foto : Dede eko s


Untuk tarif parkir yang di kenakan dengan biaya sangat standar, begitu juga dengan harga jajanan yang ada di warung-warung kawasan pantai karang hawu terbilang masih sangat wajar.


Dan di lokasi ini juga, kita tidak akan sulit mencari tempat makanan ataupun restoran. semua sudah lengkap tersedia.



Pantai karang hawu
Wisata populer di sukabumi karang hawu Foto : Dede eko s


Untuk yang ingin berlama-lama atau menginap di wilayah ini, kita akan mudah menemukan yang mana tempat penginapan.


Fasilitas di Pantai Karang Hawu


Di kawasan ini khususnya cisolok tempat penginapan sangat mudah kita temukan, dari yang harga standar sampai yang berkelas, karena hotel maupun villa di wilayah sini sudah tersedia.


Pantai karang hawu
Wisata pelabuhnaratu karang hawu Foto : Dede eko s


Untuk para wisatawan yang berkunjung ke pantai karang Hawu, sekarang tidak usah takut lagi ke panasan maupun kehujanan, karena kini telah di bangun tempat untuk berteduh atau gazebo.


Gazebo-gazebo yang telah di bangun tersebut gratis di gunakan untuk para pengunjung yang datang liburan ke pantai karang hawu.



Pantai karang hawu palabuhanratu
Liburan di pantai karang hawu Foto : Dede eko s


Jika pada saat hari libur panjang datang terutama pada liburan idul Fitri atau lebaran, kawasan pantai ini bakal penuh sesak di penuhi oleh wisatawan.


Liburan di Pantai Karang Hawu


Kemacetan total di pastikan akan terjadi pada saat momen libur panjang, karena animo para wisatawan yang berkunjung ke Palabuhanratu sebagian besar ingin singgah liburan ke pantai karang Hawu.



Pantai karang hawu
Suasana liburan pantai karang hawu Foto : Dede eko s


Jika hari sudah menjelang sore, suasana senja yang indah bakal terlihat di kawasan pantai wisata ini. Keindahan sunset bisa kita nikmati di pantai karang hawu.


Pantai karang hawu
Sunset pantai karang hawu F


Pantai karang hawu di kenal memiliki arus gelombang laut yang tidak menentu, itulah yang harus di waspadai oleh para pengunjung jika ingin bermain air atau berenang di kawasan pantai wisata ini.


Di sarankan untuk selalu mematuhi arahan atau petugas penjaga pantai, untuk tidak berada di tepian karang atau berenang terlalu tengah.


Pantai karang hawu sukabumi


Selain dikenal memiliki keindahan pantainya, kawasan ini juga terkenal dengan nuansa yang penuh dengan misteri.


Selalu di kait-kaitkan dengan keberadaan sang penguasa pantai selatan, tidak sedikit orang menceritakan keberadaan kerajaan pantai selatan yang di pimpin oleh bunda ratu Nyi Rorokidul gerbang menuju ke kerajaannya ada di pantai karang hawu.



Pantai karang hawu Nyi Rorokidul


Beberapa titik kawasan di pantai ini yang memiliki keterkaitan dengan adanya sang ratu pantai selatan yaitu, kawasan keramat gunung winarum atau petilasan rorokidul. yang selalu ramai di kunjungi oleh para peziarah.


Pantai Populer Karang Hawu


Dan kawasan lain yang mempunyai nuansa misteri di pantai karang hawu ialah karang kursi atau batu kursi yang di ceritakan ada kaitannya dengan Sukarno. 


Begitu juga dengan sumur tujuh yang ada di pantai karang hawu, di percayai bisa mendatangkan keberkahan jika kita mandi di kawasan sumur tersebut.



Pantai karang hawu
Pantai karang hawu pelabuhan ratu Foto : Dede eko s


Demikian beberapa foto-foto yang telah saya abadikan di pantai karang hawu palabuhanratu, semoga keindahan pantai wisata ini bisa terus terjaga.

Dan semoga kesadaran akan menjaga kebersihan lingkungan di kawasan pantai ini selalu bisa di lakukan oleh para pengunjung maupun warga setempat yang ada di tempat wisata pantai karang pawu.