Selain dikenal memiliki keindahan yang telah memikat banyak orang untuk selalu datang ke tempat wisata ini, pantai karang hawu disisi lain nuansa misterinya sudah jadi bagian yang tidak akan pernah bisa terpisahkan.


Suasana dan nuansa misteri di pantai karang hawu sudah menjadi bagian dari kisah dan cerita sejak dulu, yang hingga sampai sekarang masih bisa kita rasakan.


Misteri Di Pantai Karang Hawu


Di pantai karang hawu terdapat beberapa tempat yang dianggap kawasan yang masih keramat, yang tidak sedikit orang dari mana-mana dengan punya maksud dan tujuan datang singgah ke tempat keramat tersebut. yang mana lokasinya seperti dalam foto foto berikut ini.


Kawasan Keramat di Pantai Karang Hawu
Karang kursi pantai karang hawu Foto : Dede eko s

Karang kursi salah satu kawasan yang memiliki daya magis yang sangat tinggi, lokasi yang berada paling ujung di pantai karang hawu ini memiliki cerita misteri, lokasi ini di katakan salah satu tempat yang di favoritkan oleh presiden pertama republik indonesia bapak Ir Soekarno.


Yang mana konon katanya sukarno pernah melakukan kontak batin dengan sang penguasa kerajaan pantai selatan yaitu nyi rorokidul, hingga sampai saat ini tidak sedikit orang sering melakukan ritual di lokasi yang satu ini.


Kawasan Keramat di Pantai Karang Hawu



Kawasan Keramat di Pantai Karang Hawu
Perahu pakidulan Foto : Dede eko s


Meskipun sering dikatakan di kawasan ini penuh dengan nuansa misteri dan kental akan hal-hal yang berbau mistik, disisi lain keindahan yang ada di lokasi ini tidak akan pudar dan bisa kita saksikan.

Ditambah lagi dengan adanya beberapa spot tugu yang berbentuk perahu dan tulisan Pakidulan bisa jadi menambah daya tarik bagi wisatawan yang liburan ke pantai karang hawu untuk singgah ke lokasi ini.


Kawasan keramat di pantai karang hawu
Pakidulan pantai karang hawu Foto : Dede eko s

Pakidulan di pantai karang hawu, kawasan yang sering di katakan sangat keramat ini kini telah di percantik, dengan telah di buatkannya spot yang sangat cocok sekali untuk berfoto-foto.


Kawasan Keramat di Pantai Karang Hawu
Pakidulan karang hawu pelabuhanratu Foto : Dede eko s

Kawasan pakidulan pantai karang hawu, lokasi tempat ini berada masih satu area dengan lokasi yang sering di kunjungi oleh orang-orang untuk melakukan ritual mandi di sumur tujuh,


Sumur tujuh di pantai karang hawu salah satu tempat keramat dan sering di sebutkan memiliki daya magis yang tinggi, tidak sedikit orang yang punya maksud dan tujuan melakukan ritual mandi di sumur tujuh ini.


Kawasan Keramat di Pantai Karang Hawu
Sumur tujuh pantai karang hawu Foto : Dede Eko S

Ritual mandi di sumur tujuh di pantai karang hawu, hal ini sering di lakukan oleh orang-orang yang datang dari mana-mana dengan maksud ingin mendapatkan keberkahan dan terkabul segala hajatnya,


Tidak sedikit juga orang mengatakan jika sudah melakukan madi di kawasan sumur 7 ini perasaan dan hati akan terasa tenang.


Dan bagi setiap orang yang akan melalukan mandi di sumur yang dianggap keramat ini, harus dilakukan dengan cara berendam dan nantinya akan di bacakan Doa-doa oleh sang kuncen atau juru kunci yang ada di wilayah ini,


Kawasan Keramat di Pantai Karang Hawu
Lokasi karang cinta Foto : Dede Eko s


Masih di kawasan sumur tujuh pantai karang hawu palabuhanratu, di lokasi ini terdapat karang yang unik yaitu karang yang berbentuk hati atau love yang sering di sebut dengan nama karang cinta,


Lokasi karang cinta ini berada di seberang sumur tujuh, dengan cara kita harus melintasi sebuah jembatan jika kita ingin  menemukan karang love ini.


Kawasan Keramat di Pantai Karang Hawu palabuhnaratu
Jembatan cinta pantai karang hawu Foto : Dede Eko S


Nuansa warna hijau terlihat lebih dominan di kawasan keramat di pantai karang hawu cisolok, hal ini tentunya identik dengan sosok ratu pantai selatan nyi rorokidul yang menyukai akan warna yang seba hijau.


Berbicara tentang ratu pantai selatan nyi rorokidul, pantai karang hawu merupakan yang paling santer di kait-kaitan dengan sosok penguasa kerajaan laut selatan tersebut. selain itu juga pantai karang hawu cisolok yang berada di kawasan palabuhanratu sukabumi ini konon katanya merupakan pintu gerbang untuk menuju ke kerajaan nyi rorokidul.

Makom Nyi Rorokidul


Gunung winarum Kawasan keramat di Pantai karang hawu yang banyak di katakan merupakan area makom atau petilasan bunda ratu nyi rorokidul. 


Kawasan Keramat di Pantai Karang Hawu
Keramat Gunung Winarum Foto : Dede Eko S


Kawasan keramat gunung winarum lokasi yang sering di kunjungi oleh para pejiarah dari berbagai daerah bahkan dari luar provinsi, di katakan oleh seorang juru kunci para peziarah tersebut sering datang melakukan jarah pada malam selasa dan malam jum'at.


Tempat ziarah yang ada di gunung winarum kawasan pantai karang hawu berada di atas bukit, selain lokasi yang dianggap ada petilasan atau makom nyi rorokidul, di tempat yang sama juga terdapat beberapa makan, yang menurut info juru kunci makam-makam tersebut merupakan para tokoh penyebar agama islam di wilayah pelabuhnaratu.


Kawasan Keramat di Pantai Karang Hawu pelabuhanratu
Lokasi keramat gunung winarum Foto : Dede eko s


Untuk menuju ke kawasan petilasan makom nyi rorokidul yang berada di gunung winarum, kita harus menaiki beberapa anak tangga, dan mengisi buku tamu di pos penjagaan pintu masuk.


Dan di atas bukit gunung winarum sudah ada para penjual kembang dan pernak pernik yang bisa kita beli, jalan atau jalur yang ada di tempat  ini tembus ke kawasan yang dianggap keramat yang telah kita bahas tadi di atas, seperti karang kursi, karang love dan sumur tujuh.


Di katakan lokasi yang ada di sini merupakan kawasan yang paling keramat yang ada di pantai karang hawu,  seperti apakah suasana keadaan di atas gunung winarum lokasi yang di katakan tempat petilasan nyi rorokidul, secara exclusive admin mendatangi lokasinya dan tayangan videonya bisa di lihat >disini