Setelah terhenti selama dua tahun acara syukuran hari nelayan palabuhanratu kembali di adakan. Acara yang sudah menjadi agenda tahunan ini berlangsung dengan aman dan lancar.


Terhentinya syukuran hari nelayan palabuhanratu selama 2 tahun dari tahun 2020 dan 2021 di karenakan terhalang masalah covid 19 yang melanda negeri ini.


Hari nelayan palabuhanratu
Hari nelayan palabuhnaratu Foto : Dede eko s

Hari Nelayan Palabuhanratu 


Masyarakat warga palabuhanratu dan sekitarnya menyambut gembira, dengan di adakannya kembali upacara Syukuran hari nelayan.


Terlihat dari pagi hari kerumunan warga sudah memadati kawasan dermaga palabuhanratu yang menjadi lokasi acara tersebut.


Hari nelayan palabuhanratu
Putri nelayan 2020/2022 Foto : Dede Eko S


Arak-arakan berlangsung di gerbang dermaga pelabuhanratu sekitaran jam 8 pagi, yang mana rombongan pengiring Putri nelayan yang di ikuti para dayang siap menuju ke lokasi tempat acara.

Carnaval


Pada tahun 2022 agak berbeda, yang mana acara yang sering di sebut carnaval ini biasanya mulai start dari alun-alun palabuhanratu melintasi jalan siliwangi menuju dermaga palabuhanratu.


Hari nelayan palabuhanratu
Carvanal hari nelayan Foto : Dede eko s


Tidak hanya pengiring yang terlibat dalam kegiatan acara, iringan acara carnaval ini juga di ikuti oleh warga yang datang untuk menyaksikan upacara adat tradisi hari nelayan ini berlangsung.

Bazar Pasar Malam


Berlokasi di dermaga pelabuhanratu, yang mana di lokasi ini juga merupakan tempat bazar atau pasar malam yang di adakan dalam menyambut hari nelayan palabuhanratu ke-62 tahun 2022.


Hari nelayan palabuhanratu pelabuhanratu
Bazar hari nelayan Foto : Dede eko s


Bazar atau pasar malam di hari nelayan palabuhanratu salah satu yang paling di nantikan oleh warga palabuhanratu dan sekitarnya, selain kita bisa membeli berbagai macam barang-barang yang harganya murah, di lokasi ini juga terdapat wahana hiburan seperti arena permainan.


Hari nelayan pelabuhanratu
Upacara adat hari nelayan Foto : Dede eko s

Upacara Adat


Upacara syukuran hari nelayan palabuhanratu  ke 62 ini berlangsung pada tanggal 21 mei 2022, yang mana upacara adat hari nelayan yang di adakan secara nasional ini biasanya selalu di adakan pada tanggal 6 April.


Di mundurkannya acara peringatan hari nelayan pada tahun 2022 di karenakan pada pada bulan tersebut bertepatan dengan bulan puasa.


Hari nelayan palabuhanratu
Labuh saji hari nelayan palabuhanratu Foto : Dede eko s

Kemeriahan upacara adat syukuran hari nelayan berakhir di tengah laut, dimana para rombongan peserta hari nelayan beranjak menuju kapal atau perahu untuk mengadakan ritual labuh saji.


Labuh Saji


Acara ritual labuh saji merupakan momen yang sakral yang selalu di lakukan di tengah laut palabuhanratu, yang mana panitia rombongan akan melakukan pelemparan Dongdang yang berisikan benih-benih ikan seperti anak udang lobster dan yang lainnya 


Hari nelayan palabuhanratu
Labuh saji hari nelayan Foto : Dede eko s

Berbagai macam rangkaian acara turut serta memeriahkan syukuran hari nelayan palabuhanratu, diantaranya mengadakan perlombaan atau kegiatan bakti sosial.


Dan untuk tahun sekarang, upacara syukuran hari nelayan palabuhanratu ke 63 infonya bakal di undurkan kembali ke tanggal 21 mei 2023, di karenakan tanggal 6 April bertepatan kembali dengan bulan puasa.


Dan untuk melihat kemeriahan upacara adat dan tradisi syukur hari nelayan palabuhanratu ke 62 tahun 2022 bisa di lihat pada tayangan videonya >disini