Karang pamulang memiliki goa yang terbilang masih angker, berlokasi di palabuhanratu, tepatnya di pantai selatan yang merupakan wilayah paling ujung di jawa barat.


Palabuhanratu wilayah yang lebih di ketahui banyak orang merupakan kawasan wisata dan tidak sedikit juga di kenal dengan daerah yang selalu di kait-kaitkan dengan cerita yang berbau misteri.


Pantai goa karang pamulang Foto : Dede eko s

Antara wisata dan  misteri  tersebut, keduanya jadi pandangan yang lebih diketahui oleh banyak orang yang berada di luar wilayah pelabuhanratu.


Tidak hanya keindahan alam yang di miliki oleh palabuhanratu, namun  di balik itu juga nuansa yang berkaitan dengan cerita misteri akan selalu melekat dengan daerah yang satu ini.


Untuk kisah dan cerita tentang asal usul nama palabuhanratu, bisa dikatakan hampir semua orang sudah mengetahuinya,  maka dari itu kali ini kami tidak akan membahasnya.


Sumur di goa karang pamulang Foto : Dede eko s


Namun pada kesempatan ini, kami akan berbagi info sisi lain dari keindahan di salah satu pantai yang ada di Palabuhanratu, yang mungkin belum teman-teman mengetahuinya.


Sudah di pastikan setiap orang yang merencanakan berwisata ke palabuhanratu, liburan ke pantailah yang bakal jadi tujuannya.


Pantai Karang Pamulang 


Pantai yang ada di palabuhanratu tidak semuanya merupakan kawasan wisata, mungkin teman-teman belum mengetahuinya jika di wilayah palabuhanratu ada beberapa pantai yang belum terjamah, meskipun kawasan ini memiliki keindahan yang sama dengan pantai wisata yang lainnya.


Ada salah satu pantai yang belum pernah di kunjungi oleh wisatawan, yang lokasinya tidak jauh dari pusat kota palabuhanratu. pantai tersebut bernama pantai karang pamulang atau goa karang pamulang.


Goa karang pamulang palabuhanratu Foto : Dede eko s


Cerita Goa Karang Pamulang 


Di pantai karang pamulang terdapat sebuah goa, yang mulut  lobang goanya mengarahkan langsung ke lautan. dan oleh warga sekitar kawasan pantai ini sering di sebut karang Suhadi.


Di ceritakan oleh para orang tua jaman dulu, kawasan pantai ini merupakan lokasi atau titik pusat pertemuan para  mahluk gaib  atau jin yang berkuasa di beberapa wilayah di pulau jawa.


Suasana malam di goa karang pamulang Foto : Dede eko s

Dan dikatakan juga, lobang goa di pantai karang pamulang jika di terawang secara ilmu bathin, ada yang bilang bisa tembus ke beberapa wilayah yang ada di Indonesia, seperti daerah Cirebon dan daerah lainnya. 


Suasana yang begitu angker 


Suasana di pantai goa karang Pamulang dari dulu hingga sampai sekarang auranya nya begitu sangat kuat, di tambah lagi di wilayah ini terdapat lokasi pemakaman  yang usianya terbilang sudah tua.


Keindahan di pantai Goa karang pamulang pelabuhanratu jika kita lihat secara langsung kawasan ini memiliki pantai yang begitu indah, ditambah lagi dengan suasananya yang begitu tenang.


Lokasi goa karang pamulang


Alasan kawasan pantai di goa karang pamulang belum bisa di nikmati oleh banyak orang khususnya wisatawan, dikarenakan lokasi di pantai ini sangat sepi dan jauh dari pantauan orang.


Pantai goa karang pamulang Foto : Dede eko s

Lokasi pantai goa karang pamulang ini berada di wilayah tenjoresmi, desa citepus kecamatan palabuhanratu sukabumi jawa barat. 


Jalan menuju ke lokasinya mudah kunjungi karena tidak jauh dari jalan raya. jalan  masuk menuju ke pantai ini berada di seberang sebelum kios atau para penjual buah buah-buahan yang ada di jalan raya tenjoresmi citepus palabuhanratu.